Rabu, 08 September 2010

Lost of Significant


Ketika kita merasa jenuh & tidak berarti

Ketika kita merasa tidak berarti, kita akan jenuh, tidak bersemangat, & tidak produktif.
Rasa tidak berarti itu tidak baik & tidak benar.
Itu bisikan hati yg menipu & sangat tidak membangun.
Jangan ditanggapi.
Kita diciptakan Tuhan sangat berarti.

Kapan kita merasa berarti?
  1. saat kita dikasihi.
  2. saat kita melakukan karya yg berguna bagi sesama
  3. saat kita meraih prestasi
  4. saat kita mendapat pujian & kepercayaan
  5. saat kita melakukan sesuatu yg baik & excellent
  6. saat kita banyak teman & sahabat, bercengkerama, saling menolong, tukar mendapat, & melakukan karya bersama yg berguna.
  7. saat kita menolong orang lain yg memang memerlukan pertolongan kita. Pertolongan yg efektif, bukan yg memanjakan & destruktif.
  8. saat kita melakukan sesuatu yg berguna bagi umat manusia (termasuk keluarga, tetangga & teman kita).
  9. saat kita tahu identitas kita: siapa kita di hadapan Tuhan: anak Tuhan, kekasih Tuhan, biji mata Tuhan, garam dunia, terang dunia, tentara Allah, prajurit Allah yg militan, ahli waris Kerajaan Allah, God’s instrument of love, gambar & rupa Allah. Luar biasa, bukan?

Kapan kita merasa tidak berarti?
·         Ketika kita mengalami kondisi yg terbalik/bertentangan dg hal-hal di atas.
·         Ketika kerohanian kita merosot & jauh dari Tuhan.
·         Ketika kita kehilangan komunitas rohani yg membanguan & aktif melayani.
·         Ketika kita jauh dari keluarga, sebab keluarga memberi kehangatan, perlindungan, penerimaan, & kasih penuh cinta, sayang penuh kehangatan.
·         Ketika anda berpikir terlalu banyak, takut & kuatir terlalu banyak & tidak sehat, cemas & gelisah, ambisi terlalu besar.
·         Ketika Anda melupakan hal-hal kecil untuk diperhatikan, & orang-orang kecil untuk disapa.
·         Ketika anda tiba pada saat untuk meninggalkan diri sendiri, & mulai memperhatikan & memikirkan orang lain.

Hal yg sehat untuk dilakukan:
  1. Mempunyai mitra doa
kita tidak luput dari pencobaan. Karena itu penting sekali untuk berdoa. Lebih baik lagi bila kita memiliki mitra doa: orang yg benar2 peduli akan kerohanian & kehidupan kita, berdoa bagi kita, & mengupayakan kebaikan kita.

  1. Lakukanlah hidup yg benar
Jangan terlalu memikirkan kejahatan, ketidakbaikan, ketidakbenaran.
Pikirkanlah apa yg indah, baik, memberi semangat.
Lihatlah keindahan, pikirkan kebajikan.
Jangan tergoda melakukan hal yg tidak baik & benar, walaupun itu seolah2 menguntungkan. Tetaplah hidup benar. Itu baik bagimu & keluargamu kelak.

  1. Rendah hati, sabar, tekun, setia.
Bila orang jahat terhadap Anda, jadilah rendah hati.
Bila usaha tampak belum ada hasil, tetaplah tekun.
Jika banyak orang tidak jujur & setia, tetaplah tulus & setia.
Jika banyak orang memancing kemarahan anda, tetaplah bersabar.

  1. Ada saatnya kita berdiam diri. Jangan membalas kejahatan dg kejahatan. Doakan orang jahat untuk kebaikannya. Kadang kejenuhan hanya sekedar untuk dialami, dilalui & dilewati. Jangan terlalu ditanggapi.
  2. Memiliki iman, pengharapan, kasih. Milikilah Pengharapan yg besar, kasih yg tangguh, & iman pada Yang Maha Kuasa Yang Mampu melakukan segalanya. Lebih dari kemampuan kita. Lebih dari yg dapat kita pikirkan.
  3. Renungkanlah kebaikan Tuhan.
  4. Hiduplah tenang. Cukup istirahat. Cukup introspeksi diri. Cukup waktu untuk berdoa & olahraga. Lakukanlah apa yg bagian & tugasmu sepenuh hati.
  5. Bekerjalah seperti anda bekerja untuk Tuhan. Untuk kemuliaan Nama Tuhan. Bukan untuk uang & kemuliaan pribadi. Bukan untuk kesombongan & arogansi.
  6. Lakukanlah sesuatu dg cara yg istimewa. Bukan yg biasa-biasa. Sesuatu yg luar biasa. Dapatkanlah inspirasi baru dalam perjalanan hidupmu. Turning Point! Suatu titik yg membalikkan & mengubah hidupmu menjadi lebih baik & gagah berani.
  7. Lakukanlah sesuatu yg tidak rutin. Rute perjalanan yg baru. Makan di tempat yg baru. Jadwal yg baru. Cobalah sesuatu yg baru. Tidak ada salahnya mencoba. Kalaupun gagal, anggap sebagai pelajaran berharga untuk tidak kita lakukan lagi.
  8. Loyal & berintegritas. Berapa besar & tinggi skala integritasmu. Ada orang yg cukup tahan & tak tergoda untuk tidak mengambil 100ribu rupiah, tapi tak cukup tahan untuk mencuri 100 juta rupiah saat ada kesempatan. Ada orang yg baik ketika tidak ada kesempatan berbuat jahat. Jadilah baik bahkan di lingkungan yg tidak baik. Jadilah berintegritas bahkan di tengah lingkungan yg corrupt. Ini sulit, tapi baik.
  9. Belajarlah ilmu pengetahuan yg baru & berguna. Perkaya hidupmu. - ---Belajarlah blogger, photoshop, microsoft office level yg lebih tinggi, cara memasak, membuat kue, corel draw, kerohanian, pendidikan keluarga, teknologi baru, kepemimpinan, pepatah kebijaksanaan, kisah inspiratif, kalimat motivasi, quotes, berpikir & berjiwa besar, think & grow rich.
-          Bacalah buku-buku bagus & orang-orang besar seperti napoleon hill, paul hana, catherine marshall, gede prama, joyce meyer, joel osteen, ayub yahya, eka darmaputra, andrew ho, adam kho, david jeremiah, tommy tenney, watchman nee, witness lee, timotius adi tan, chandra suwondo, tanadi santoso, john maxwell, dale carnegie, dll. Saringlah apa yg baik & sesuai dg kepribadian anda, talenta & relasi anda yg khas di atas muka bumi di mana Tuhan sudah tempatkan Anda: keluarga, RT/lingkungan, desa, kecamatan, kota, negara, gereja, perusahaan, sekolah/kampus/kursus, dll.
  1. Cobalah sesuatu yg baru, rumus baru, cara baru, jalan yg belum pernah anda tempuh sebelumnya. Try it!  Cobalah kopi rasa baru, biskuit gandum, tempat hang-out baru, dll. Dengarkan musik baru, album baru, artis baru, CD/kaset baru, dll. Sekali-kali dengarkan instrument, lihat film true story, animasi, film India, dll. Jelajahi website baru yg bagus. Cobalah software baru. Semua itu akan menjadikan kita pribadi yg terbuka, smart, berwawasan, berpengetahuan, berpengalaman. Tru it!
  2. Belajarlah melukis, menggambar, melipat, menjahit, memasak, fotografi, dll.
  3. Cobalah olahraga baru, gaya senam baru, gaya tarian baru, alat musik yg belum anda coba, dll.
  4. Datangi taman bunga, kebun raya, kebun buah, rekreasi ke gunung, laut, lembah, dll.
  5. Miliki rasa humor, keceriaan, semangat & daya juang, pantang putus asa, & maju terus dg kerendahan hati. Keceriaan & humor akan membuka pintu persahabatan & mengalirkan berkat-berkat Tuhan.
  6. Sadari arti penyerahan diri: percaya pada pengaturan & campur tangan Tuhan dlm hidup kita, ketika hidup kita sepenuhnya kita percayakan padaNya. Bukankah Tuhan akan atur semuanya indah?
  7. Sadari arti penundukan diri: taat, patuh pada setiap perintah Tuhan. Mengerti & menjalani kehendak Tuhan dalam hidup kita.
  8. Sadari arti kerendahan hati: kerendahan hati membuka pintu kemurahan Tuhan. Ketika banyak jalan tertutup, tidak ada jalan, pintu, ataupun jendela & atap yg tidak bisa Tuhan bukakan.
  9. Jadilah ahli & smart dalam bidang yg fokus. Miliki ketegasan yg pasti. Bantulah dg keyakinan. Gunakan keahlian, bakat, ketrampilan & pengetahuanmu dalam pekerjaan & pergaulan. Muliakanlah Tuhan.
  10. Doakan pimpinanmu supaya beliau bijaksana & takut akan Tuhan. Doakan orang-orang yg telah membuat engkau kuat. Doakan orang2 jahat untuk menjadi baik. Doakan… doakan… doakan… & lihat Tuhan bekerja dg caraNya yg ajaib. Kita tak pernah tahu persis bagaimana cara Tuhan bekerja. Iman kita yg kuat akan menembus segala benteng penghalang.

Refleksi:
Ketika saya datang ke rumah sakit & rumah duka, mendengar & mengetahui banyak orang meninggal karena kanker yg menyerang organ-organ tubuh yg penting & berarti (jantung, paru-paru, hati,, menggerogoti hingga habis & tak bisa dihentikan, bahkan ada kanker yg masuk ke pembuluh & aliran darah.
Betapa pentingnya kita mensyukuri kesehatan kita.

Tuhan menciptakan jantung dg suatu tujuan. Bersyukur & berbahagialah jika kita memiliki jantung yg sehat. Peliharalah itu dg sukacita, olahraga yg teratur, pola hidup 7 pola makan yg sehat.

Tuhan menciptakan paru-paru, lever, ginjal, empedu dg fungsi & tujuannya masing2.

Jika semuanya itu ada dalam tubuh kita, berfungsi sempurna, tanpa gangguan & rasa sakit, oh…. Betapa kayanya kita. BETAPA BERHARGANYA KITA dg semua orga yg Tuhan ciptakan & melengkapi tubuh kita. DitiupkanNya nyawa. Itulah jiwa & roh yg menghidupkan.

Kata “berarti” dalam bahasa Inggrisnya:
1 mean. 2 be significant, meaningful. 3 valuable, useful.

Jadilah pribadi yg berarti, berharga, bernilai, penting, berguna.
Be smart! Know yourself! Know God’s purpose for your life.

Lakukanlah sesuatu yg berarti, berharga, bernilai, penting, berguna.

Lakukanlah hal2 kecil dg cinta yg besar bagi dirimu sendiri, keluargamu, orangtuamu, gerejamu, dll.

Jangan pernah merasa minder, tak berharga, tak berguna,
Karena sesungguhnya hidupmu itu KAYA, PENUH ARTI & PENUH CINTA ALLAH.
Jadilah percaya diri dalam kerendahan hati.
Lihatlah Allah memandangmu sebagai karyaNya yg sempurna, berguna, & untuk berkarya bagi keluarga, sesama, gereja & dunia.

Ulangan 32:10 Didapati-Nya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. Dikelilingi-Nya dia dan diawasi-Nya, dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya.

Yesaya 49:16 Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.

Yesaya 43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar